Kamis, 09 Juli 2009

Cara Memilih Masuk Ke SMK yang Baik

Penting bagi orang tua untuk mencari sekolah yang menunjang terhadap bakat dan kemapuan anak. Sehingga kegiatan mencari informasi dari berbagai sumber (mulai dari sharing pengetahuan dengan ibu-ibu lain, tanya-tanya saudara, tetangga, sampai datang sendiri ke sekolah incaran untuk mencari info kurikulum, fasilitas belajar mengajar dan bermain, sampai bentuk bangunan dan yang tak kalah penting adalah uang pangkal dan uang bulanan), menjadi lebih terarah.

Informasi yang penting diketahui adalah :

1. Perhatikan kurikulum sekolah, materi dan cara penyampaian materi. Seharusnya kurikulum, materi dan teknik pengajaran mengacu pada tugas serta skill kompetensinya dan disampaikan dalam suasana yang kondusif, santai namun juga disiplin secara tepat. Jangan ragu untuk meminta penjelasan mengenai kurikulum, materi, dan teknik yang tidak anda mengerti. Sekolah yang baik dengan senang hati akan menyertakan maksud dan tujuan masing-masing modul.

2.Frekuensi kelas yang disediakan harus sesuai dengan kebutuhan dan Laboraturium praktek untuk peningkatan kompetensi (skill). Serata jam pelajaran yang memenuhi standart belajar siswa dalam pembagian praktek dan teorinya.

3. Perhatikan lokasi, fisik bangunan dan fasilitas yang ada.

a. Lokasi sekolah penting menjadi pertimbangan karena jauh dekatnya lokasi dapat mempengaruhi kondisi dan perkembangan anak. Dengan kendaraan pribadi atau antar jemput, anak tetap akan merasa lelah jika jarak rumah dan sekolahnya jauh. 

b. Kondisi fisik sekolah penting diperhatikan karena menyangkut keamanan dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar.

Rinciannya :

1. Faktor terakhir yang sebetulnya paling penting adalah kebersihan. Terutama ruang kelas, Laboraturium  Praktikum / Bengkel (workshop), kantin, kamar mandi dan tempat sampah.

2. Adanya aliran udara yang baik dan sinar matahari yang cukup terutama di ruang kelas dan ruang Praktek. Karena di kedua tempat inilah anak paling banyak menghabiskan waktunya selama di sekolah.

3. Ruang kelas memiliki tata ruang yang lega dan menyenangkan. Standar ukuran ruang adalah jumlah anak dikali satu meter persegi. Dengan asumsi setiap anak membutuhkan satu meter persegi untuk leluasa bergerak.

4. Biaya. Orang tua sering terkecoh dengan anggapan bahwa semakin mahal sekolah semakin canggih dan terpercaya sekolah tersebut. Padahal tidaklah demikian. Kecanggihan suatu sekolah bukanlah dilihat dari biaya untuk dapat bersekolah di situ, tapi oleh materi dan metode pembelajaran yang tepat bagi murid-muridnya. Walaupun, tak dapat dipungkiri, biaya yang tinggi seharusnya diwujudkan dalam kondisi fisik sekolah yang ideal, fasilitas yang memuaskan, dan guru-guru yang terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar